Yuk Ketahui Berapa Lama Waktu Rehabilitasi Untuk Gangguan Mental

Kecanduan Gadget Online

Kondisi gangguan mental bisa menjadi lebih parah jika tidak dilakukan upaya penyembuhan. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan untuk memulihkan gangguan mental adalah dengan melakukan rehabilitasi. Berbagai program yang diberikan ketika penderita gangguan psikologis direhabilitasi. Mengenai berapa lama waktu rehabilitasi untuk gangguan mental tergantung dari seberapa parah gangguan jiwa yang dialami, berikut ini ulasannya.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Rehabilitasi Gangguan Psikologis

1. Gangguan Mental Akibat Kecanduan Game
Seperti dikutip dari http://gumilar.net/, kecanduan game online bisa menyebakan gangguan mental yang cukup serius. Hal ini disebakan karena pederita ganggua ini lebih mengutamakan bermain game dibandingkan kegiatan yang lain. Kondisi yang lebih parah adalah ketika ia melanjutkan permainan meskipun sadar bahwa dampak negatif dari game online sudah diketahui. Mereka juga sering mengabaikan lingkungan sekitarnya dan mulai menjadi individualis.

Berdasarkan pernyataan dari WHO,penyembuhan terhadap ketergantungan game online ini dilakukan selama kurang lebih 12 bulan dengan dampingan dari psikiater. Waktu yang dibutuhkan akan semakin lama jika gangguan mental yang terjadi pada penderita ternyata cukup parah. Namun rehabilitasi untuk gangguan mental bisa saja lebih cepat jika menggunakan metode holistik seperti pendekatan spiritual, rukyah syar’iyyah, hingga hipnoterapi. 

2. Gangguan Psikolog Skizofrenia
Skizofrenia sendiri merupakan gangguan mental dimana penderitanya mengalami kesultan berfikir dan tidak bisa membedakan mana yang nyat adan mana yang khayalan. Tindakan penderita skizofrenia biasanya cukup nekat sehingga harus segera disembuhkan. Sayangnya, baik penderita maupun lingkungan dekatnya kurang menyadari gejala penyakit ini. Akibatnya kondisinya semakin parah dan baru dilakukan pengobatan.

Kebanyakan orang Indonesia baru melakukan penyembuhan setelah 6 bulan. Padahal di luar negeri, penderita skizofernia segera disembuhkan setalah dikenali gejalanya selama satu minggu. Keterlambatan pengobatan bisa menyebabkan penyembuhannya semakin sulit. Selain itu, jenis terapi yang dilakukan juga mempengaruhi cepat tidaknya waktu rehabilitasi untuk gangguan jiwa ini. Biaya rehabilitasi untuk gangguan mental tergantung dari tempat rehabilitasi penderita.

3. Gangguan Jiwa Akibat Gawai dan Medsos
Kelainan mental bisa juga disebabkan karena terlalu sering menggunakan gawai dan medsos. Terlalu sering memegang gawai bisa menimbulkan efek phobia dan ketergantungan yang berakibat pada gangguan mental seperti mengalami ketakutan yang berlebihan ketika tidak memegang sosmed hingga depresi akibat melihat pengguna sosmed lain bahagia. 

Ada banyak metode terapi yang bisa dilakukan untuk penyembuhan gangguan jiwa ini, mulai dari herbalogi hingga psikoterapi. Namun,untuk proses penyembuhan yang lebih ampuh sebaiknya menggunakan rehabilitasi yang menggunakan teknik hipnoterapi. Lama tidaknya tergantung tingkat keparahannya. Jika tidak parah maka rehabilitasi untuk gangguan mental bisa berlangsung 3-6 bulan saja.

4. Gangguan Bipolar
Gangguan bipolar merupakangangguan mnetal dimana penderitanya tiba-tiba mengalami perubahan suasana hati yang sangat berlawaan secara spontan. Gejala yang timbul bsa saja tidak sama setiap orang. Tingkat frekuensi dan keparahan dari gangguan ini sangat bervariasi, ada yang sangat sering dan ada juga yang jarang sekali. Setidaknya ada empat jenis episode suasana hati penderita bipolar antara lain mania, hipomania, depresi dan episode campuran. 

Ada banyak cara untuk pengobatan penderita bipolar, biaya dan waktunya juga beragam. Rehabilitasi penyakit ini bisa saja dilakukan dengan cepat jika memang tidak terlalu parah. Sedangkan untuk gangguan bipolar yang sering kambuh membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika jenis pengobatannya tidak tepat, rehabilitasi untuk gangguan mental yang paling tepat dan cepat yaitu dengan melakukan hipnoterapi sehingga waktunya bisa 4 bulan saja.

5. Rehabilitasi Akibat Kesalahan Rehabilitasi
Ternyata dalam memilih rehabilitasi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Tidak sedikit ketika pulang dari rehabilitasi, kondisi anak justru semakin parah. Biasanya hal ini dipicu karena penggunaan anti depresi yang berperlebihan. Meskipun sebenarnya antidepresi dapat mengurangi tingkat dpresi. Namun penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan perubahan keseimbangan senyawa kimia di otak. Lama rehabilitasi ini biasanya memakan waktu sekitar 120 hari.

Rehabilitasi untuk penderita gangguan mental sangat bervariasi tergantung dari penyebabnya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi lama rehabilitasi diantaranya penyebab gangguan mental, tingkat keparannya, cepat tidaknya penanganan, hingga jenis pengobatan yang digunakan. Jika anda ingin mendapatkan pengobatan yang ampuh dan tidak terlalu lama, maka pilihlah tempat rehabilitasi yang menerapkan metode holistik seperti di pesantren Nurul Firdaus. 
Yuk Ketahui Berapa Lama Waktu Rehabilitasi Untuk Gangguan Mental Yuk Ketahui Berapa Lama Waktu Rehabilitasi Untuk Gangguan Mental Reviewed by Erna Wati on February 11, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.