Sering Disepelekan, Inilah 5 Penyebab Diare Yang Wajib Diketahui

Bakteri

Tak bisa dipungkiri apabila baik pria atau wanita dengan  semua usia memang mempunyai risiko untuk terkena penyakit diare ini. Hal ini bukan tanpa alasan karena diare ini sendiri memang menjadi penyakit yang terjadi pada sistem pencernaan yang bisa menyerang siapapun. Penyebab dari penyakit ini pun cukup beraneka raga.

Mulai dari hal-hal yang remeh hingga adanya suatu tanda penyakit serius. Kendati demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang ternyata masih menyepelekan jenis penyakit yang satu ini. Padahal apabila penyakit  ini terus anda biarkan bisa mengakibatkan adanya komplikasi yang serius.

Penyebab diare yang sering disepelekan 

Penyebab penyakit ini sendiri ternyata cukup beraneka  ragam dan tidak boleh anda remehkan begitu saja. Untuk itulah mengetahui apa saja penyebabnya sangat penting. Dengan demikian, maka anda bisa mendapatkan pengobatan yang lebih cepat. untuk lebih jelasnya, anda bisa langsung menyimak ulasan yang ada dibawah ini.

1. Adanya infeksi bakteri 
Penyebab paling umum yang mengakibatkan terjadinya diare adalah adanya infeksi bakteri. Bakteri-bakteri yang dipercaya menyebabkan penyakit ini diantaranya adalah shigella, Escherichia coli serta salmonella. Bakteri tersebut biasanya akan menyebar ke tubuh melalui makanan maupun minuman yang sudah terkontaminasi. 

Jadi bisa dibilang apabila seseorang bisa terkena diare ini diakibatkan karena mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang diolah dengan cara yang tidak higeinis atau anda lupa mencuci tangan sebelum makan.

2. Adanya infeksi virus 
Selain diakibatkan karena adanya infeksi bakteri, infeksi virus sendiri ternyata juga dipercaya sebagai penyebab adanya diare yang terjadi pada tubuh anda. Virus seperti rotavirus dan norovirus sendiri merupakan virus yang paling banyak menyebabkan diare.  

3. Penggunaan obat-obatan tertentu 
Sebaiknya anda juga harus memperhatikan obat-obatan yang anda konsumsi. Hal ini bukan tanpa alasan karena bisa jadi penyakit yang anda derita ini diakibatkan karena  adanya penggunaan obat-obatan tertentu. Adapun obat-obatan yang bisa memicu munculnya diare adalah antibiotic. Hal ini tidak lain karena selain bisa membunuh bakteri jahat, antibiotic ini juga akan membunuh bakteri didalam usus.

4. Adanya intoleransi makanan 
Adapun penyebab diare lainnya yang jarang disadari oleh masyarakat adalah adanya intoleransi terhadap jenis makanan tertentu. Intoleransi ini sendiri bisa terjadi apabila tubuh tidak mampu mencerna makanan jenis tertentu. Penyebab yang satu ini pun paling banyak terjadi.

5. Keracunan makanan 
Masih ada lagi penyebab diare yang bisa terjadi pada seseorang adalah diakibatkan karena keracunan makanan. Keracunan makanan ini sendiri bisa terjadi apabila anda mengkonsumsi makanan yang sudah kadaluarsa dimana sudah terkontaminasi oleh berbagai macam bakteri.  Bakteri ini sendiri yang bisa mengakibatkan diare.

Diare ini sendiri memang menjadi salah satu jenis penyakit yang tidak boleh anda remehkan begitu saja. Karena jika kondisinya semakin parah akan menyebabkan adanya komplikasi. Untuk itulah, anda harus mengetahui bagaimana penyebab penyakit ini.
Sering Disepelekan, Inilah 5 Penyebab Diare Yang Wajib Diketahui Sering Disepelekan, Inilah 5 Penyebab Diare Yang Wajib Diketahui Reviewed by Erna Wati on December 22, 2019 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.