Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung

Bayam

Untuk mencegah penyakit jantung, jenis konsumsi makanan sehari-hari jadi kuncinya. Ada banyak makanan yang bisa memengaruhi tekanan darah, trigliserida, kandungan cholesterol serta inflamasi, sebagai unsur efek penyakit jantung.

Diambil dari Health Line, jejeran makanan tersebut dapat membantumu menahan terkena penyakit jantung:

1. Sayur Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam serta kale sangatlah populer akan faedah kesehatannya. Sayuran ini kaya vitamin, mineral serta anti-oksidan. Bahkan juga mereka memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, yang bisa menolong membuat perlindungan arteri serta menahan penyumbatan darah.

Diluar itu tinggi akan nitrat yang diakui bisa turunkan tekanan darah, kekakuan arteri serta tingkatkan peranan beberapa sel pada dinding pembuluh darah. Satu analisa dari delapan studi mengatakan jika tingkatkan mengonsumsi sayuran berdaun hijau berkaitan dengan 16 % penurunan peluang berlangsungnya penyakit jantung.

2.Bij Bijian

Biji-bijian utuh seperti gandum, nasi merah, serta oatmeal mempunyai kandungan serat yang tambah tinggi, yang dapat menolong kurangi cholesterol jahat LDL serta turunkan efek penyakit jantung.

Bermacam studi sudah temukan jika konsumsi biji-bijian utuh bisa sehatkan jantung. Satu analisa mengatakan jika mengonsumsi lebih dari tiga bagian biji-bijian utuh setiap hari bisa turunkan 22 % efek penyakit jantung.

3. Buah beri

Keluarga buah beri seperti strobery, bluberi, serta rasberi memiliki kandungan banyak nutrisi penting yang bertindak besar dalam kesehatan jantung. Buah beri kaya anti-oksidan antosianin yang dapat menantang depresi oksidatif serta inflamasi yang berperan pada penyakit jantung.

Satu diantara studi yang membahas 27 orang dewasa dengan sindrom metabolik mengatakan jika minum minuman yang dibikin dari strobery beku sepanjang delapan minggu dapat turunkan cholesterol jahat LDL. Sindrom metabolik adalah beberapa kumpulan keadaan yang berkaitan dengan efek penyakit jantung.

4. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan banyak lemak sehat yang baik untuk jantung sebab dapat turunkan kandungan cholesterol serta turunkan efek penyakit jantung. Satu studi pada 17.567 orang yang konsumsi alpukat dengan teratur efek terserang sindrom metabolik lebih rendah.

Buah ini kaya potasium, nutrisi yang mendasar buat kesehatan jantung. Kenyataannya, sebuah alpukat dapat mensuplai 975 miligram potasium, atau seputar 28 % dari jumlahnya konsumsi harian yang diperlukan.

5. Minyak serta lemak ikan

Ikan berlemak seperti salmon, makerel, sarden serta tuna yang kaya asam lemak omega-3 diakui dapat tingkatkan kesehatan jantung. Seperti diutarakan satu diantara studi pada 324 orang, dengan mengonsumsi salmon selema 3x satu minggu sepanjang delapan minggu dengan relevan turunkan tekanan darah diastolik.

Bila kamu tidak suka pada ikan, pilihan yang dapat dikerjakan ialah konsumsi minyak ikan untuk masih memperoleh asam lemak omega-3. Beberapa studi mengatakan suplemen minyak ikan dapat turunkan trigliserida dalam darah, tingkatkan peranan arteri serta turunkan tekanan darah.

6. Dark chocolate

Dark chocolate (cokelat dengan konsentrasi di atas 50 %) kaya anti-oksidan seperti flavonoid yang dapat tingkatkan kesehatan jantung. Satu diantara studi besar tunjukkan jika mereka yang mengonsumsi cokelat paling tidak lima kali per minggu mempunyai penurunan efek penyakit jantung koroner sebesar 57 %.

Tetapi butuh diingat bila kamu akan beli cokelat, biasanya mereka tinggi akan gula serta kalori. Yakinkan kamu pilih dark chocolate berkualitas tinggi dengan content kokoa paling tidak 70 %, serta jangan mengonsumsi dengan terus-terusan.

7. Tomat

Tomat kaya likopen, pigmen tumbuhan alami dengan senyawa anti-oksidan yang tinggi. Anti-oksidan menolong menetralisir radikal bebas yang beresiko, menahan kehancuran oksidatif serta inflamasi, yang berperan pada penyakit jantung.

Satu studi pada 50 wanita yang kegemukan yang mengonsumsi dua tomat fresh 4x per minggu mempunyai kandungan cholesterol baik HDL yang bertambah. Kandungan cholesterol baik yang tinggi dapat menolong singkirkan cholesterol terlalu berlebih serta plak dari arteri untuk mjenhaga kesehatan jantung serta menahan stroke.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, walnut serta mede kaya nutrisi serta mempunyai mineral dan vitamin yang penting buat kesehatan jantung. Kacang sumber paling baik buat lemak sehat serta serat, dua nutrisi penting buat jantung.

Banyak studi serta riset yang mengatakan jika dengan teratur konsumsi kacang-kacangan berkaitan dengan penurunan efek kesehatan jantung.

9. Bawang putih

Telah sepanjang beratus-ratus tahun bawang putih dipakai jadi penyembuhan manual. Dalam beberapa waktu paling akhir, riset sudah mengkonfirmasi terdapatnya kandungan penyembuh dalam bawang putih yang dapat menolong kesehatan jantung.

Yaitu allicin, yang diakui mempunyai banyak dampak terapeutik. Yakinkan konsumsi bawah putih mentah, atau geprek serta diamkan beberapa waktu sebelum memasaknya. Dengan langkah berikut menolong pembentukan allicin serta mengoptimalkan faedah kesehatannya.

10. Teh hijau

Teh hijau diakui berkaitan dengan beberapa faedah kesehatan, dari mulai menolong pembakaran lemak sampai meningkatan sensitivitas insulin. Teh hijau memiliki kandungan katekin serta polifenol yang tinggi, yang dapat bertindak jadi anti-oksidan untuk menahan kehancuran sel, kurangi inflamasi serta membuat perlindungan kesehatan jantung.

Satu studi kecil mengutarakan jika minum teh hijau sepanjang tiga bulan bisa kurangi tekanan darah, trigliserida, LDL serta cholesterol keseluruhan.
Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung Jenis Makanan Sehat Untuk Jantung Reviewed by Erna Wati on August 23, 2019 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.